PT. Prayoga Pertambangan dan Energi Kabupaten Bogor Mulai Duduki Kantor Baru

Cibinong, Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Hj. Nurhayanti saat meresmikan penggunaan Kantor PT. Prayoga Pertambangan dan Energi Kabupaten Bogor yang berlokasi di Cibinong City Center Blok B Nomor 10, Kamis (22/3) mengatakan bahwa, Pendirian Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Bidang Pertambangan dan Energi dilatarbelakangi oleh pertimbangan betapa banyaknya potensi pertambangan yang dimiliki Kabupaten Bogor, namun pemanfaatannya secara ekonomis pendayagunaan sumber daya alam ini masih relatif rendah.

 Menurutnya, dalam PDRB Kabupaten Bogor pada tahun 2010, pemasukan Pendapatan   Asli Daerah (PAD) dibidang pertambangan hanya sebesar 0,7% sedangkan energi, gas dan air bersih sebesar 0.17 % jauh dibawah pertanian sebesar 0,23%”.

“Pendirian Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT. Prayoga Pertambangan dan Energi merupakan langkah yang penting, mengingat bahan tambang dan energi merupakan sumber daya alam yang tak terbarukan, maka pengelolaannya perlu dilakukan seoptimal mungkin, efisien, berwawasan lingkungan serta berkeadilan agar memperoleh manfaat sebesar-besarnya bagi kemakmuran masyarakat Kabupaten Bogor. Dan diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah yang hanya 0.17 % tersebut”. Tandas Hj. Nurhayanti.

Untuk itulah, lanjut Hj. Nurhayanti, dirinya menekankan agar direksi dan jajarannya harus peduli lingkungan, taat lingkungan dan menjalankan perusahaan dengan asas profesionalitas, akuntabilitas dan penuh pengabdian serta loyalitas.

“Tentukan prioritas usaha yang akan dilakukan dengan memperhatikan potensi alam yang ada dan tingkat proses yang menjanjikan agar pada gilirannya PT. Prayoga Pertambangan dan Energi dapat berdiri kokoh handal dan terpercaya sesuai dengan Visi PT. Prayoga Pertambangan dan Energi, serta dapat sejajar dengan BUMD lainnya di Kabupaten Bogor bahkan harus lebih dari pada itu”. Pinta Hj. Nurhayanti.

Sementara itu Direktur Utama PT. Prayoga Pertambangan dan Energi Kabupaten Bogor   Radjab Tampubolon mengungkapkan bahwa, ditahun ini dan tahun-tahun mendatang pihaknya selain akan fokus terhadap pembangunan sebuah pabrik aspal hotmix atau sebagai produsen aspal hotmix, juga akan fokus untuk membangun atau membuka unit usaha dibidang penambangan andesit, pasir dan sejenisnya.

“Ini akan kami padukan antara aspal dengan andesit, pasir dan sejenisnya yang berada pada suatu kawasan terpadu, dengan jarak berdekatan antara bahan dengan pabriknya, dan itu dipastikan akan menghemat biaya produksi beberapa persen dari bahan aspal hotmixnya, dan Insya Allah kita bisa bersaing”. papar Radjab Tampubolon.

Selain itu, lanjut Radjab Tampubolon, pada bulan September 2012 mendatang, pihaknya juga akan membuka usaha bisnis dibidang Gas termasuk Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) dan Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE).

 

Lebih dari itu, tambah Radjab Tampubolon, pihaknya juga akan berkecimpung dalam bidang energi lain, yakni energi listrik, micro hydro serta mini hydro serta akan berbisnis dibidang industri hulu sumber daya air.

Menurutnya, lima point inilah yang akan dikembangkan oleh PT Prayoga Pertambangan dan Energi Kabupaten Bogor kedepan, yakni mulai dari barat hingga timur Kabupaten Bogor. Namun demikian, kata Radjab Tampubolon kesemuanya itu bisa berjalan dengan dukungan penuh Pemkab Bogor sebagai pemegang saham dan semoga dengan telah diresmikan penggunaan kantor PT. Prayoga Pertambangan dan Energi akan menambah energi bagi menejemen dan karyawan untuk berpacu mengejar target-target yang telah ditentukan. (IWA/AMI DISKOMINFO KABUPATEN BOGOR)

sumber : http://www.bogorkab.go.id/2012/03/22/pt-prayoga-pertambangan-dan-energi-kabupaten-bogor-mulai-duduki-kantor-baru/

Informasi tambahan